Rabu, 27 September 2017

Kerajinan Taplak Meja dari Sedotan Bekas




  Produk kerajinan barang hias "taplak meja" yang terbuat dari limbah sedotan yang sudah tidak terpakai ini selain mudah didapatkan bahannya juga dapat mengurangi penumpukan limbah dan polusi di bumi. Karya kerajinan tangan barang hias "taplak meja" dari sedotan bekas ini memiliki berbagai macam nilai, yakni nilai guna, nilai keindahan, dan nilai jual. Nilai kegunaannya yaitu selain dapat digunakan untuk taplak meja juga dapat menambah keindahan ruangan. Nilai keindahan untuk produk kerajinan "taplak meja" ini, meja dapat terlihat terhias rapi. Kadang kalau kita bosa dengan taplak meja yang terbuat dari kain, disini saya menginovasikan taplak meja yang tebuat dari sedotan bekas. Tidak hanya memiliki nilai guna dan nila keindahan taplak meja dari sedotan bekas ini juga memiliki nilai jual.

Alat dan Bahan :

  • gunting
  • jarum
  • benang wol
  • sedotan 

  
  Setelah semua alat dan bahan di atas telah siap. Sekarang anda dapat memperhatikan dan mencoba mengikuti langkah-langkah membuat taplak meja dari sedotan. Caranya tidak sulit kok,hanya saja butuh kesabaran karena proses pembuatan taplak meja ini manual atau dikerjakan dengan tangan, sehingga butuh waktu yang cukup lama untuk menghasilkan taplak meja yang berukuran besar.


Langkah-langkah pembuatan taplak meja:

  1. Potong sedotan kurang lebih panjangnya 1 atau 2 cm agar memudahkan anda dalam mengkreasikan bentuk taplak mejanya.
  2. Masukan benang wol ke dalam jarum seperti anda ingin menjahit.
  3. Setelah jarum dan benang wol terpasang, ambil 3 buah sedotan dan masukan jarum tersebut ke dalam lubang sedotan dorong sampai ujung benang.
  4. Setelah itu, kita membuat segitiga dari sedotan tersebut. Masukan jarum ke dalam sedotan yang pertama, kemudian masukan dua sedotan lagi menggunakan jarum di tempat keluarnya benang dari sedotan yang pertama tadi,
  5. Lakukan terus langkah di atas sampai sedotan-sedotan tersebut membentuk segi enam. Setelah segi enam terbentuk, lakukan terus langkah di atas dan nantinya sambungan dari segi enam-segi enam tersebut akan membentuk lingkaran yang lebih besar lagi. Tiap segi enam dapat menggunakan satu warna atau lebih bergantung kreasi anda. Semakin banyak warna akan semakin mempercantik taplak meja dari sedotan tersebut.


Selamat mencoba :)
Lindungi bumi, manfaatkan barang bekas dengan sebaik-baiknya :) 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Lembar Siswa Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template